Diikuti Italia dan Amerika, Pameran Golok Banten Untuk Peduli Warisan Leluhur

  • Whatsapp
banner 468x60

Banten, LiraNews – Seni Golok Indonesia (SGI) bersama Museum Negeri Banten adakan Pameran Golok Banten diikuti oleh perwakilan negara Italia dan Amerika.

Pameran Golok Banten ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 03 November 2019, yang berisi edukasi tentang sejarah, material iron carbon, jenis, philosofi, jamasan dan warangan.

Acara yang berlangsung di Museum Negeri Banten ini dipelopori oleh Guru Besar Seni Golok Indonesia, Ki Kumbang dan Kepala Museum Negeri Banten, Ucu Viveriawati, dengan maksud dan tujuan agar generasi muda Banten bisa mengerti dan peduli terhadap benda-benda warisan leluhur.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan negara Internasional yaitu Italia dan Amerika Serikat, yang juga dilakukan diskusi khusus tentang perencanaan konsep golok untuk diakui oleh Unesco.

Acara ini juga dihadiri oleh para komunitas Tosan Aji dan para Pelestari Pusaka yang ada di Banten, sedikitnya 500 pusaka dan golok yang dipamerkan di Acara Gerakan Cinta Museum ini.

Para pelestari ini berharap Museum Negeri Banten bisa menjadi Museum Pusat Edukasi Pusaka Terlengkap di Indonesia, yang mampu menjelaskan secara rinci tentang berbagai jenis pusaka berikut literasinya. Laporan: Ki Kumbang

banner 300x250

Related posts

banner 468x60